Apa itu Jaringan WAN?

Apa itu Jaringan WAN?

Apa itu Jaringan WAN?





1. Pengertian WAN

             
           Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

2. Fungsi WAN


          WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.


3. Konsep Jaringan WAN


       Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi.mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek- aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.

           Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya. Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.

       Sebagai istilah generik bagi komputer switching, kita akan menggunakan istilah router. Tapi perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak ada konsensus dalam penggunaan terminologi ini. Dalam model ini, seperti ditunjukkan oleh gambar dibawah setiap host dihubungkan ke LAN tempat dimana terdapat sebuah router, walaupun dalam beberapa keadaan tertentu sebuah host dapat dihubungkan langsung ke sebuah router.

          Kumpulan saluran komunikasi dan router (tapi bukan host) akan membentuk subnet.
Istilah subnet sangat penting, tadinya subnet berarti kumpulan kumpulan router-router dan saluran-sakuran komunikasi yang memindahkan paket dari host host tujuan. Akan tatapi, beberpa tahun kemudian subnet mendapatkan arti lainnya sehubungan dengan pengalamatan jaringan. Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router.

        Bila dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi secara tak langsung melalui router lainnya. ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.

      Subnet yang mengandung prinsip seperti ini disebut subnet point-to-point, store-and-forward, atau packet-switched. Hampir semua WAN (kecuali yang menggunakan satelit) memiliki subnet store-and-forward.

         Di dalam menggunakan subnet point-to-point, masalah rancangan yang penting adalah pemilihan jenis topologi interkoneksi router. LAN biasanya berbentuk topologi simetris, sebaliknya WAN umumnya bertopologi tak menentu.

4. Keuntungan Jaringan WAN

  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
  2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
  3. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
  4. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

5. Koneksi Jaringan WAN


          Untuk mengoneksikan jaringan WAN kita harus menggunakan alat khusus yang bekerja sebgai pusat layanan, misalnya satelit VSAT. VSAT merupakan jaringan atau sistem komunikasi satelit yang terdiri atas sejumlah stasiun remote (terminal VSAT) dengan menggunakan antena parabola berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan komunikasi satelit lainnya, menggunakan sebuah atau sebagian transponder satelit sebagai pengulang (repeater) dengan didukung peralatan pada stasiun dan sebuah stasiun bumi utama.



6. Peristilahan Dalam Jaringan WAN



1. Router
       Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

2. ATM Switch
      Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN

3. Modem and CSU/DSU
      Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali. baca juga cara instal modem di laptop

4. CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit),
      Adalah alat dalam WAN yang digunakan untuk mengkonversi sinyal digital CPE menjadi apa yang dimengerti oleh switch di provider. CSU / DSU biasanya sebuah alat yang terhubung ke sebuah jack RJ-45 yang disebut sebagai titik demarkasi. Biasanya berupa modem

5. Communication Server
       Communication Server adalah server khusus bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

6. Multiplexer
        Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain- lain.

7. X.25/Frame Relay Switches
        Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

8. CPE (Customer Premises Equipment),
        Adalah perlengkapan milik pelanggan, yaitu perlengkapan / peralatan yang dimiliki oleh perlanggan dan berada di lokasi pelanggan.

9. Demarcation Point, (titik demarcation)
        Adalah titik di mana tanggung jawab service provider berakhir dan CPE dimulai, yang biasanya berupa sebuah jack yang memiliki sebuah konektor female RJ-45 dan biasanya juga berupa perangkat CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit) berupa modem dan sejenisnya.

10. Local Loop,
        Adalah jalur yang menghubungkan Demarcation Point dengan switching office terdekat, yang disebut central office.

11. Central Office,
        Adalah titik yang menghubungkan pelanggan dengan jaringan switching dari service provider.

12. DTE (Data Terminal Equipment)
        Adalah semua alat yang berlokasi disisi user dari sebuah interface user-network yang bertindak sebagai sebuah destinasi, sumber atau keduanya. DTE meliputi alat-alat seperti multiplexer, router, penerjemah protocol, dan komputer. Koneksi ke sebuah network remote dilakukan melalui DCE (Data Communication Equipment) seperti modem.

13. DCE (Data Communication Equipment)
       Adalah mekanisme dan link dari sebuah network komunikasi yang menyusun bagian network dari interfaces user ke network seperti modem.

14. Troubleshooting
       Merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan, dan proses penghilangan peyebab potensial dari sebuah masalah.

15. Aplikasi perangkat lunak 
       Adalah suatu subkelas perangkat lunakkomputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

16. Topologi jaringan komputer
       Adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi.

17. Server
       Merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

18.Protokol
       Adalah seperangkat peraturan atau prosedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik.

18. Routing Information Protocol (RIP)
      Adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

19. Open Shortest Path First (OSPF)
      Adalah sebuah routing protokol standar terbuka yang telah di implementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan.

20. Internetwork Operating System atau yang biasa disebut dengan IOS
       Merupakan sebuah Operating System (OS) yang dipasang pada device Cisco. Fungsi dari IOS sama dengan OS yang ada pada PC/LAPTOP pada umumnya tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan OS pada PC/LAPTOP dan tersimpan ada Flash Memory.

21.  Point-to-Point Protocol (PPP)
       Adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan.

22. Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS)
       Adalah suatu metode untuk mengirimkan data dimana sistem pengirim dan penerima keduanya berada pada set frekuensi yang lebarnya adalah 22 MHz.

23. HDLC ( High level Data Link Control )
       Adalah protokol untuk digunakan dengan WAN ( Wide Area Networks ) yang secara luas dapat mengatasi kerugian - kerugian yang ada pada protokol - protokol yang berorientasi karaktek seperti Bi-Synch.

24. OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing)
       Adalah sebuah teknik transmisi yang menggunakan beberapa buah frekuensi (multicarrier) yang saling tegak lurus (orthogonal).

25. SSID atau Service set identifier
         Adalah tempat mengisikan nama dari access point yang akan disetting.

26. Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy)
        Adalah suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication.

27.  Database
        Adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

28. Equivalent Isotropically Radiated Power (EIRP)
         Adalah total energi yang di keluarkan oleh sebuah access point dan antenna.

29. . Radio Tower
         Adalah Tiang radio dan menara biasanya, struktur tinggi yang dirancang untuk mendukung antena (juga dikenal sebagai antena) untuk telekomunikasi dan penyiaran, termasuk televisi. Mereka adalah salah satu struktur buatan manusia tertinggi.

30.  Firewall
        Adalah suatu sistem proteksi untuk melaksanakan pengawasan lalu lintas paket data menuju atau meninggalkan sebuah jaringan computer sehingga paket data yang telah diperiksa dapat diterima, ditolak atau bahkan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum memasuki atau meninggalkan jaringan tersebut.
Firewall memprotieksi suatu jaringan komputer dari hal-hal yang membahayakannya.
Fungsi Firewall : Mengatur dan mengcontrol lalu lintas jaringan, Melakukan autentikasi, Melindungi sumber daya dalam jaringan privat, Melindungi jaringan komputer dari virus-virus yang ada di Internet, Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator.

31. MikroTik RouterOS™
         Adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

32. FTP
        Adalah perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP.

33. Wireless Access Point
       Adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya.
Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada (menggunakan mode bridge).


34. Central Office,
        Adalah perangkat yang menghubungkan pelanggan ke jaringan switching milik provider. Central Office juga biasa di sebut dengan istilah Point Of Presents (POP)WAN dapat menghubungkan banyak LAN serta menyediakan akses ke komputer–komputer atau server pada lokasi lain.

35. Local Loop,
        Adalah jalur yang menghubungkan demarcation dengan lokasi switch yang berada di lokasi Central Office terdekat.

Info Jaringan TKJ

Dapatkan Info Menarik!

  • Dapatkan tutorial terbaru tentang Flashing Ponsel
  • Informasi Aplikasi Android terbaru
  • Dapatkan Update Jamu Flash Terbaik!

0 Response to "Apa itu Jaringan WAN?"

Post a Comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel