Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi 2 Via Fastboot Dan SD Card

Cara Mudah Flash Xiaomi  Redmi 2 Via Fastboot Dan SD Card
TRIBLOG-Flashing sendiri terkadang sangat dibutuhkan apalagi jika sobat seorang opreker, mungkin sudah biasa dengan yang namanya botloop atau softbrick, tiba-tiba HP mati dan lain sebagainya. Flashing sendiri juga akan mereset kembali smartphone sobat ke kondisi baru selayaknya baru beli. Nah untuk itu kali ini saya akan menginformasikan bagaimana cara Flashing Xiaomi Redmi 2 dengan mudah, meskipun begitu perlu sobat perhatikan bahwa kegiatan flashing akan menghilangkan semua data sobat yang berada di ponsel, jadi sebelum melakukan flashing sobat bisa backup data penting sobat terlebih dahulu.
Cara Mudah Flash Xiaomi  Redmi 2 Via Fastboot Dan SD Card

Cara Mudah Flash Xiaomi  Redmi 2 Via Fastboot Dan Recovery

Sebelum kita menginjak ke tutorial flashing sebaiknya kita ketahui lebih jauh dan mengenal flashing. Flashing sendiri dibagi menjadi dua flashing melalui Recovery dan flashing melalui Fastboot. Jika sobat melakukan flashing melalui Recovery maka sobat hanya membutuhkan Recovery ROM dan menempatkan file ROM tersebut ke folder root kartu SD dan flash melalui mode Recovery.

Berbeda dengan flashing melalui Fastboot ROM, sobat diharuskan install perangkat di laptop atau komputer sobat, dan kegiatan flashing ini dilakukan di laptop tersebut, dan sobat diharuskan untuk unduh terlebih dahulu ROM Fastboot, dan kegiatan ini akan menghapus semua file dan pengaturan di ponsel sobat. Flashing melalui Fastboot biasa dilakukan jika ponsel sobat tiba-tiba sinyal hilang saat baru mencoba ROM baru, flashing ini juga dapat sobat lakukan pada saat HP sobat tiba-tiba mati atau bootloop karena kesalahan install aplikasi atau kesalahan lain.

Bahkan, metode flash juga dapat mengatasi permasalahan bootloop, softbrick, maupun lainnya.

Berikut beberapa jenis Xiaomi Redmi 2 lainnya:
  • Redmi 2 A / Enhance = HM2014812/13/16 (wt86047)
  • Redmi 2 Pro = HM2014819
  • Redmi 2 & Redmi 2 Prime = HM2014811/17/18/21 (wt88047)


Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Dengan Metode Fastboot

Sebelum melakukan flashing melalui Fastboot sobat terlebih dahulu download alat dan ROM yang dibutukan dibawah ini.

Alat dan Bahan

1. Download Mi Flash Tool
2. Download USB Driver Xiaomi
3. Dibawah ini link ROM untuk Redmi 2 HM2014811/17/18



4. Jika sobat menggunakan Redmi 2 HM2014813 sobat bisa unduh ROM dibawah ini


5. PC atau laptop dengan sistem operasi Windows.

6. Kabel data original atau kabel bawaan Xiaomi Redmi 2.

7. Pastikan smartphone Xiaomi Redmi 2 Anda telah terisi baterai minimal 70%. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan gagal flashing akibat hp mati karena kehabisan daya.

Langkah-langkah Flashing Redmi 2 lewat Fastboot


1. Pertama extrak ROM berekstensi TGZ yang sudah sobat download tadi ke drive laptop sobat
2. Disini saya asumsikan extrak ke drive D (D:\MIUI).
3. Selanjutnya install Mi Flash Tool (MiPhone20151028.exe) selanjutnya buka MiPhone “C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone” dan klik tombol Browse.


4. Pilih folder dimana kamu mengekstrak file tadi, disini saya ekstrak di D:\MIUI


5. Jika sudah sekarang matikan smartphone sobat dan masuk ke Fastboot Mode
6. Colokkan USB ke ponsel dan klik tombol refresh pada MiFlash, seharusnya disini port ponsel sobat sudah terdeteksi di MiPhone



7. Langkah selanjutnya adalah klik "Flash"


8. Langkah terakhir tunggu hingga proses flashing via fastboot selesai.


9. Taraaaaa.... Selesai. Ponsel sobat akan restart dan mulai boot menggunakan ROM baru yang sudah sobat install barusan.

Biasanya, dibutuhkan waktu antara 5-10 menit pada saat melakukan booting. Hal ini karena smartphone masih menyesuaikan dengan ROM yang baru.

Tutorial Flash Redmi 2 via Recovery

Tutorial Flash Redmi 2 via Recovery ini saya lakukan karena ingin melakukan update dari MIUI 9 Global Beta ke MIUI 9 Global Stabil, jadi untuk yang kondisi Redmi 2 kalian bootloop softbrick hardbrick saya saran kan flash menggunakan MiFlash via PC.


Alat dan Bahan

  • Download Rom Recovery Xiaomi Redmi 2/2Prime  Kitkat 4.4.4 | Unduh
  • Download Rom Recovery Xiaomi Redmi 2/2Prime  Lolipop 5.1.1 | Unduh

Langkah-langkah Falshing Redmi 2 Via Recovery

1. Kemudian copy paste Rom Recovery Xiaomi Redmi 2 ke Internal Storage taruh diluar folder, Lalu rename file rom menjadi update.zip kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

2. Matikan smartphone, kemudian nyalakan dengan menekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan. Tahan beberapa saat hingga muncul logo Mi kemudian lepaskan maka akan otomatis masuk ke menu Factory Mode.

3. Lalu pilih Recovery sekarang tunggu maka otomatis akan masuk ke Recovery mode. Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol Volume atas/bawah untuk memilih menu, dan tombol Power untuk OK. Pada menu Recovery pilih Install update.zip to System. kemudian tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi Lalu Pilih Yes.

4. Sekarang tunggu proses update sedang berlangsung.

5. Apabila sudah selesai ditandai dengan text warna hijau Update complete!.

6. Setelah selesai update, pilih Reboot system. Sekarang tunggu proses booting memakan waktu yang lama sekitar 10 sampai 20 menit.

Note : Buat kalian yang masih menggunakan ROM abal-abal atau Developer China silahkan update menggunakan metode Fastboot, jangan via Recovery, karena saya coba metode update recovery Play store dan Google Apps hilang.


Penutup

Nah jika sobat mengikuti step by step cara diatas dipastikan berhasil untuk flashing Xiaomi Redmi 2 tanpa kendala, sekali lagi sebelum melakukan flashing pastikan sobat sudah melakukan backup data penting kamu, karena flashing diatas akan menghapus semua data yang ada di ponsel sobat.

Demikian tadi Cara Mudah Flashing Xiaomi Redmi 2 Dengan Metode Fastboot dan Recovery, semoga dengan informasi diatas tidak lagi menemukan kendala saat melakukan flashing, jika masih ada kendala sobat bisa meninggalkan komentar dibawah dan saya akan sangat senang sekali untuk menjawabnya.

Flash Redmi Xiomi

Dapatkan Info Menarik!

  • Dapatkan tutorial terbaru tentang Flashing Ponsel
  • Informasi Aplikasi Android terbaru
  • Dapatkan Update Jamu Flash Terbaik!

0 Response to "Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi 2 Via Fastboot Dan SD Card"

Post a Comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel