Apa Itu TKJ? Dan Apa Peluang Kerjanya.

Apa Itu TKJ? Dan Apa Peluang Kerjanya.

Apa Itu TKJ? Dan Apa Peluang Kerjanya.




TKJ merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi dan komunikasi.
Dunia teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang dari hari ke hari. Hal ini menuntut umat manusia untuk pandai menggunakan berbagai perangkat yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi.
Kemampuan ini akan digunakan untuk menunjang dunia pendidikan, ekonomi, politik, dan berbagai bidang kehidupan lainnya.
Pentingnya teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan modern inilah yang membuat sekolah dan kampus membuka jurusan TKJ yang khusus mempelajari bidang tersebut.

Apa itu TKJ?

TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

TKJ merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. TKJ adalah salah satu cabang ilmu dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi yang berhubungan dengan kemampuan pemrograman komputer, perakitan komputer dan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak komputer.

Teknik Komputer dan Jaringan juga memberikan pengajaran tentang teknik listrik yang dibutuhkan dalam proses teknis perakitan dan perawatan perangkat keras komputer.
Ketika anda mempelajari semua materi di dalam Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), anda akan mempelajari tentang komputer mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, hingga ke jaringan komputer.

Jika dirincikan menjadi sebagai berikut:

1. Perakitan Perangkat Keras Komputer
Hal pertama yang menjadi materi TKJ adalah bagaimana caranya membuat sebuah komputer. Anda yang masuk ke dalam jurusan TKJ di SMK atau kuliah akan diajarkan cara menyusun perangkat keras komputer.

Di TKJ akan diajarkan bagaimana suatu komputer bisa dirakit dengan baik dan benar, bagaimana melakukan konfigurasi masing-masing perangkat keras yang ada di komputer, dan mempelajari fungsi masing-masing perangkat keras yang ada di dalam sebuah komputer. Kamu juga akan belajar cara melakukan pengujian hasil dari perakitan yang sudah kamu lakukan.

2. Sistem Operasi
Setelah melakukan perakitan komputer, maka di TKJ akan diajarkan tentang sistem operasi. Materi yang diajarkan mulai dari berbagai jenis sistem operasi yang dapat digunakan dan cara instalasi sistem operasi.

Selain itu, juga ada materi seputar arsitektur sistem operasi, perkembangan sistem operasi, partisi hardisk, hingga manajemen suatu sistem operasi hingga sistem operasi dan komputer dapat digunakan oleh user dengan baik dan benar.

3. Jaringan Komputer
Selain berhubungan dengan satu komputer, materi TKJ juga berkaitan dengan jaringan komputer. Di dalam jaringan komputer, akan diajarkan materi tentang macam-macam jaringan komputer, cara membuat jaringan komputer, dan membangun suatu jaringan komputer.

Oleh karena itu, selama pelajaran tentang jaringan komputer, anda pasti akan menemukan materi tentang layer OSI, server, database jaringan, IP Address, topologi jaringan, dan berbagai materi lainnya terkait dengan jaringan komputer.

Selain pelajaran dasar tentang jaringan, anda juga akan mendapatkan pelajaran lanjutan tentang jaringan komputer ini. Materi ini berhubungan dengan membuat jaringan komputer client-server.

Anda akan belajar mengenai kebutuhan server, cara menjadikan suatu komputer menjadi server, instalasi sistem operasi untuk server, hingga cara memanajemen server jaringan.

4. Pemrograman
Pemrograman juga menjadi salah satu materi yang akan diajarkan di Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Anda akan diajarkan dasar-dasar bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pembuatan program.

Misalnya, bahasa pemrograman PHP dan MySQL Server yang digunakan dalam pembuatan website. Anda juga akan diajarkan tentang bahasa Java, C++, atau bahasa pemrograman lainnya yang disesuaikan dengan kurikulum masing-masing sekolah atau kampus.

Ketika belajar tentang pemrograman sudah pasti anda juga akan belajar tentang algoritma dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan dalam pemrograman.

Umumnya materi pemrograman yang diberikan hanyalah dasarnya saja. Anda bisa mengembangkan materi ini dengan belajar mandiri atau melanjutkan pendidikan ke jurusan yang khusus mendalami tentang pemrograman.

Jurusan TKJ di SMK dan Kuliah

TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati di SMK-SMK di Indonesia. TKJ SMK sangat diminati karena kesadaran masyarakat akan kebutuhan ilmu ini di dunia kerja.

Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak SMK diajarkan materi pelajaran yang membuat mereka siap masuk ke dunia kerja setelah tamat dari bangku sekolah. Kebutuhan akan komputer dan teknologi informasi yang tinggi membuat jurusan TKJ SMK diminati banyak siswa.

Tingginya minat siswa untuk masuk ke jurusan TKJ membuat kemungkinan TKJ dihapus sangat kecil. Tapi, beberapa SMK kini sudah membagi jurusan TKJ ini menjadi beberapa jurusan.

Umumnya jurusan TKJ dibagi menjadi Jurusan Teknik Komputer dan Jurusan Jaringan seperti di universitas. Akan tetapi, sebagian besar SMK di Indonesia masih menggabungkannya menjadi jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan).

Jurusan kuliah TKJ di Indonesia saat ini belum ada. Hal ini dikarenakan universitas atau kampus membagi jurusan TKJ ini menjadi jurusan yang lebih rinci.

Untuk anda yang SMK mengambil jurusan TKJ anda bisa masuk ke berbagai kampus yang menyediakan jurusan dengan rumpun ilmu komputer. Beberapa jurusan yang bisa anda tuju setelah tamat dari TKJ SMK adalah:


  1. Teknik Informatika
  2. Teknik Komputer
  3. Sistem Informasi
  4. Manajemen Informatika
  5. Ilmu Komputer
  6. Sistem Komputer

Semua jurusan ini akan mengajarkan materi kuliah yang merupakan lanjutan dari ilmu yang dipelajari di jurusan TKJ di SMK. Jika anda ingin lebih fokus ke perangkat keras dan perakitan komputer, anda bisa kuliah di jurusan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer.

Sedangkan bagi anda yang ingin lebih fokus ke jaringan dan pemrograman, anda bisa kuliah di jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Peluang Usaha dan Kerja di Bidang TKJ

Bagi anda yang masuk ke jurusan TKJ untuk mendapatkan pekerjaan atau menciptakan usaha, maka anda tidak salah pilih jurusan. Setelah tamat dari jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), ada banyak pekerjaan dan usaha yang bisa anda lakukan. Berikut ini peluang usaha dan peluang kerja TKJ yang perlu anda ketahui.

Peluang Usaha

Beberapa usaha yang bisa anda ciptakan dengan bermodalkan ilmu TKJ adalah:

1. Penyediaan Jasa Layanan Internet
Membuka usaha penyedia jasa layanan internet secara sederhananya anda bisa membuka warnet (warung internet). Namun, selain itu anda juga bisa membuka jasa pembuatan warung internet, pemasangan internet di suatu instansi, atau pemasangan jaringan internet di suatu perusahaan.

Dalam penyediaan jasa layanan internet, anda bisa memberikan jasa berupa identifikasi kebutuhan keamanan jaringan internet. Anda juga bisa memberikan jasa lainnya seperti desain sistem jaringan keamanan internet, instalasi sistem internet dan keamanannya, instalasi server dan client dalam jaringan, mengoperasikan sistem keamanan jaringan internet, hingga melakukan monitoring keamanan jaringan internet.

Saat ini, jaringan internet menjadi kebutuhan yang dibutuhkan hampir di seluruh instansi pemerintah dan swasta. Jadi, membuka jasa penyediaan layanan internet akan menjadi peluang yang besar bagi anda.

2. Penyedia Jasa Pembuatan Program
Membuat program juga menjadi salah satu materi TKJ yang harus dipelajari. Meskipun hanya diberikan dasarnya saja, anda dapat mengembangkan ilmu ini dengan belajar secara mandiri. Jika anda mampu membuat berbagai macam program komputer, maka anda bisa membuka jasa pembuatan program komputer.

Jasa yang anda tawarkan bisa mulai dari pembuatan website, pembuatan program aplikasi android, atau pembuatan program berbasis desktop. Saat ini, website menjadi kebutuhan perusahaan dan bisnis dalam memasarkan produk mereka. Ada pasar yang sangat besar dalam jasa pembuatan website tersebut.

Selain itu, penggunaan smartphone yang semakin banyak membuat aplikasi android menjadi ladang bisnis yang baru. Jika anda mampu membuat aplikasi android dan aplikasi di smartphone lainnya, ini bisa menjadi peluang bisnis yang besar bagi anda.

Anda bisa menawarkan pembuatan aplikasi android kepada perusahaan atau pemilik bisnis yang membutuhkan. Satu aplikasi android bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Aplikasi berbasis desktop juga tidak kalah penting dengan aplikasi website dan ponsel. Aplikasi berbasis dekstop seperti aplikasi pembelian di kasir dan aplikasi keuangan menjadi dua jenis aplikasi berbasis dekstop yang paling banyak dibutuhkan.

Satu aplikasi kasir bisa dihargai sekitar 5 juta rupiah. Ini tentu menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk anda yang ingin membuka usaha jasa pembuatan program komputer.

3. Penyedia Jasa Perbaikan Komputer
Dari sekian banyak orang yang menggunakan komputer di dunia ini, hanya sedikit saja yang mengerti cara memperbaikinya jika terjadi suatu masalah. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki komputer yang bermasalah adalah memanggil teknisi atau datang ke tempat perbaikan komputer.

Karena penggunaan komputer saat ini semakin banyak, maka penyedia jasa perbaikan komputer juga semakin dicari. Ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi lulusan TKJ.

Di bangku sekolah anda sudah mempelajari seluk beluk sebuah komputer. Sehingga, memperbaiki komputer yang rusak bukanlah suatu perkara yang sulit.

Baik perangkat lunak atau perangkat keras, siswa-siswa jurusan TKJ bisa memperbaikinya dengan mudah. Oleh karena itu, jika anda sudah lulus dari jurusan TKJ, anda bisa mempertimbangkan untuk membuka jasa perbaikan komputer sebagai usaha yang menguntungkan.

4. Jasa Les Tentang TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
Bagi anda yang memiliki kemampuan mengajarkan ilmu kepada orang lain, maka anda bisa membuka jasa les tentang TKJ. Anda bisa mengajarkan tentang dasar-dasar komputer, jaringan, pemrograman, dan materi-materi lainnya seputar komputer.

Materi-materi dasar komputer menjadi salah satu les yang paling diminati. Hal ini tentu karena kebutuhan akan penguasaan komputer di sekolah dan tempat kerja.

Ada banyak anak sekolah dan karyawan yang dituntut menguasai ilmu komputer meskipun mereka tidak sekolah atau kuliah di bidang komputer.

Misalnya, seorang karyawan yang bekerja di bidang akutansi diminta menjalankan program keuangan di sebuah perusahaan. Ia yang merupakan lulusan Jurusan Akutansi tidak mengerti cara menjalankan program tersebut.

Salah satu cara menyelesaikan masalah ini tentu dengan mengambil les atau kursus tentang program tersebut.

Inilah peluang usaha TKJ yang seharusnya dimanfaatkan oleh anda yang memiliki kemampuan di bidang TKJ. Anda bisa membuka les privat atau kelas yang berisikan beberapa siswa.

Peluang Kerja

Bagi anda yang ingin bekerja dengan ilmu dari jurusan TKJ, berikut ini pekerjaan yang sesuai untuk anda:

1. Network Administrator
Network administrator menjadi salah satu peluang kerja TKJ yang banyak dibutuhkan. Sebagai network administrator, anda akan diminta untuk mendiagnosis permasalahan pada jaringan komputer klien.

Masalah ini dapat berupa masalah pada perangkat lunak atau perangkat keras yang terhubung ke jaringan. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menganalisa serta memperbaiki kesalahan koneksi yang terjadi di dalam jaringan komputer.

Sebagai network administrator anda harus memastikan bahwa jaringan komputer berjalan sesuai dengan yang seharusnya tanpa ada masalah apapun.

2. Server Administrator
Server administrator merupakan seseorang yang bertugas untuk memanajemen server. Tugas yang harus dilakukan meliputi pengaturan bandwith untuk komputer client, management file sharing di dalam jaringan, memonitor server agar tidak error, serta mengatur traffic sehingga server tidak down.

3. Programmer
Meskipun jarang, peluang kerja TKJ sebagai programmer juga tetap ada. Sebagai seorang programmer, anda akan diminta untuk membuat program.

Program yang dibuat akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi. Anda dapat bekerja sebagai programmer individu sebagai fullstack programmer atau bekerja di dalam tim.

Jika bekerja sebagai programmer di dalam tim, anda dapat memilih menjadi frontend programmer atau backend programmer sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Computer Integrator
Computer integrator merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan perakitan sebuah komputer. Sebagai seorang computer integrator, anda juga harus memiliki kemampuan untuk menemukan kerusakan pada komputer dan memperbaikinya.

Anda juga akan diminta untuk melakukan tugas meng-install berbagai sistem operasi yang berbasis GUI atau TEXT. Orang awam menyebut computer integrator sebagai teknisi komputer.

5. VoIP Integrator
VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan salah satu metode atau teknologi komunikasi yang dapat mengirimkan pesan suara dari pengirim ke penerima melalui media internet.

Sebagai seorang VoIP Integrator, anda memiliki tugas untuk menganalisa kebutuhan jaringan untuk VoIP. Anda juga harus bisa merancang jaringan VoIP sesuai dengan permintaan klien.

Tugas tambahan lainnya sebagai seorang VoIP Integrator adalah melakukan instalasi softswitch.


  • Linux Administrator
  • Peluang kerja sebagai linux administrator
  • Peluang kerja TKJ sebagai linux administrator
  • Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang bisnis tertentu membutuhkan Linux Administrator. Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi yang digunakan untuk kebutuhan tertentu.


Sistem operasi ini jarang digunakan sehingga orang yang mengerti betul cara penggunaan Linux lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang mengerti Windows.

Seorang Linux Administrator akan bertugas untuk menganalisa dan me-maintanance sistem operasi Linux yang dimiliki oleh perusahaan. Linux Administrator juga bertugas melakukan virtualisasi sistem operasi linux yang ada.

6. Integrator Jaringan
Integrator jaringan atau lebih umum disebut dengan teknisi jaringan memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan komputer di suatu instansi. Seorang integrator jaringan bertugas untuk menganalisa dan membuat rancangan jaringan di perusahaan klien.

Setelah dirancang, jaringan tersebut harus dibuat sesuai dengan rancangan yang sudah ditawarkan. Setelah jaringan terpasang, integrator jaringan juga harus mampu memantau jaringan tersebut agar bekerja dengan baik.

Setiap masalah yang muncul di dalam jaringan harus bisa diselesaikan dengan baik. Seorang integrator jaringan harus memahami semua ilmu yang berhubungan dengan jaringan komputer, seperti web server, software jaringan, perangkat keras jaringan, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan jaringan komputer.

7. Website Administrator
Setiap instansi atau perusahaan yang memiliki website sudah pasti membutuhkan Website Administrator. Untuk menjadi seorang Website Administrator, anda harus memiliki kemampuan konfigurasi web, perawatan website, mengatur traffic ke website, dan melakukan perbaikan jika terjadi error di dalam website tersebut.

Anda juga harus memiliki kemampuan dasar seputar pemrograman website dengan menggunakan bahasa pemrograman sesuai website yang anda kelola.


Kesimpulan

Bagi anda yang memiliki minat dan impian berkarir di bidang teknologi informasi, maka jurusan TKJ merupakan jurusan yang harus anda pilih. Dengan memilih sekolah di jurusan TKJ SMK, anda akan memiliki dasar yang berhubungan dengan dunia komputer dan jaringan.
Jadi, ketika nanti anda sudah tamat dari bangku sekolah, anda bisa melanjutkan kuliah di jurusan sesuai dengan bidang yang anda minati. Anda bisa memperdalam ilmu anda di bidang komputer dengan kuliah di jurusan yang sama dengan jurusan anda di SMK.
Jurusan TKJ SMK juga cocok untuk anda yang ingin langsung bekerja setelah tamat dari SMK. Selain menjadi pekerja, anda juga bisa membuka berbagai usaha dengan menggunakan ilmu yang anda miliki.
Satu hal yang pasti, sebelum anda memilih jurusan TKJ, pastikan anda sudah tahu apa yang akan anda pelajari nantinya. Jangan sampai anda menyesal karena ekspektasi anda beda dengan kenyataan yang akan anda alami selama sekolah.


Sumber : Pakbenz.com Info TKJ

Dapatkan Info Menarik!

  • Dapatkan tutorial terbaru tentang Flashing Ponsel
  • Informasi Aplikasi Android terbaru
  • Dapatkan Update Jamu Flash Terbaik!

0 Response to "Apa Itu TKJ? Dan Apa Peluang Kerjanya."

Post a Comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel