Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG (Z00VD) Dengan Mudah

Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG (Z00VD) Dengan Mudah
TRWIDJAJANTO-Selamat malam semua, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG dengan mudah. Cara Flash Asus Z00VD via Flashtool ini terbukti ampuh menangani HP ASUS MTK Z00VD Bootloop, matot, dan lain sebagainya.
Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG (Z00VD) Dengan Mudah

Kita semua tahu jika ponsel mengalami bootloop hanya akan membuat stuck di logo saja. Tapi sebaiknya kamu juga mengetahui apa sih bootloop itu, apa penyebabnya sehingga kedepan kamu bisa lebih berhati-hati dan bisa menghindarinya.

3 Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG (Z00VD) Dengan Mudah

Apa itu Bootloop?
Bootloop dapat terjadi karena beberapa penyebab, dan sebagian besarnya merupakan kesalahan si pengguna itu sendiri.

Hal-hal yang menyebabkan ponsel android Bootloop antara lain :
  • Memasang Custom ROM yang tidak stabil.
  • Memasang Fimrware / ROM Resmi tapi Korup karena proses download yang tidak sempurna.
  • Melakukan Rooting untuk mendapatkan hak akses Administrator.
  • Kesalahan saat membuka (Unlock) Bootloader untuk keperluan Rooting
  • Kesalahan saat mengedit file sistem menggunakan aplikasi tertentu seperti Xposed


Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi ponsel android yang bootloop...?

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan jika mengalami bootloop pada ponsel android khususnya Asus Z00VD adalah mengistirahatkan ponsel kamu sejenak. Sejenak yang saya maksud bisa 1 jam atau bahkan seharian.

Alasan saya meminta kamu mengistirahatkan hape Asus Z00VD karena mungkin saja hape kamu terlalu lelah karena terus digunakan menjalankan aplikasi berat. Atau penggunaannya normal tapi tidak pernah dimatikan.

Itu mungkin saja lho, karena beberapa kasus hape Bootloop bisa sehat kembali setelah diistirahatkan selama seharian penuh.

Tidak hanya dimatikan lalu dibiarkan begitu saja, mengistirahatkan hape yang saya maksud dengan melepas (bongkar) beberapa komponen hape seperti SIM Card, Memory Eksternal, Baterai.

Jika dengan cara mengistirahatkan ponsel kamu masih Bootloop, coba lakukan Wipe Data Factory Reset (WDFR) atau Factory Reset Saja. Factory Reset artinya menyetel sistem android yang terpasang pada Asus Z00VD ke pengaturan pabrik.

Resiko melakukan factory reset adalah semua data di memori internal akan terhapus, untuk itu lakukan pencadangan dengan menyalin data dari memori internal ke PC / Laptop setelah itu barulah kamu jalankan Factory Reset tadi.

Cara Melakukan Factory Reset Asus Z00VD

1. Matikan perangkat dengan cara lepas baterai kemudian pasang kembali.
2. Masuk ke Sistem Recovery dengan cara menekan tombol “ Power + Volume bawah ”  secara bersamaan. Lepaskan tombol power setelah ponsel bergetar tapi jangan lepaskan tombol volume bawah sambil ditekan berulang-ulang.
3. Setelah masuk Sistem Recovery, pilih opsi Wipe Data Factory Reset-> Delete All User Data dengan menekan (Volume +) atau (Volume -) untuk memindahkan kursor dan tombol power untuk memilih opsi.
4. Restart perangkat dan setting kembali ponsel seperti layaknya ponsel baru.


Apabila pada perangkat Zenfone telah terpasang Custom Recovery TWRP, berikut langkah-langkah cara melakukan WDFR

1. Matikan perangkat dan masuk ke Sistem Recovery TWRP dengan menekan tombol kombinasi POWER + VOLUME BAWAH.
2. Pilih menu WIPE yang ada dipojok kanan atas kemudian pilih opsi FORMAT DATA.
3. Akan muncul peringatan bahwa aktifitas WIPE DATA akan menghapus semua data didalam perangkat namun abaikan saja lalu swipe tombol kekanan dan tunggu proses selesai.
4. Setelah itu mulai ulang perangkat dengan milih menu REBOOT -> SYSTEM

Cara Flash Asus Z00VD Via SD Card

Alat dan bahan

  • Download Firmware ASUS Z00VD  | Unduh
  • SD Card

Langkah-langkah flash Asus Zenfone Go ZC500TG

1. Pindahkan firmware Asus ZenFone Go Z00VD (ZC500TG) yang di download tadi ke SD Card.
2. Matikan perangkat dengan cara melepas baterai ( kalau bisa) lalu masuk ke Sistem Recovery dengan menekan tombol POWER + VOLUME BAWAH. Setelah masuk Sistem Recovery gunakan tombol VOLUME untuk memindahkan kursor dan tombol POWER untuk memilih opsi.
3. Jika tidak bisa masuk ke select boot mode dan hanya di tampilan Logo Android tidak ada printah, silakan anda tekan dan tahan tombol Power dan Volume UP secara bersamaan satu kali, ingat hanya satu kali supaya anda bisa masuk ke recovery mode Asus ZenFone Go Z00VD (ZC500TG).
4. Jika kamu sudah berada pada menu recovery mode Asus ZenFone Go Z00VD (ZC500TG), selanjutnya silakan anda pilih apply update from sdcard.

Cara flash asus zenfone go zc500tg


5. Selanjutnya silakan kamu pilih firmware Asus ZenFone Go Z00VD (ZC500TG) yang berada pada SD Card, yang sudah kamu pindahkan tadi.

Cara Flash Asus Z00VD via SD Card


6. Sampai disini proses Upgrade Asus ZenFone Go Z00VD (ZC500TG) sudah berlangsung, silakan kamu tunggu sampai prosesnya selesai.
7. Jika proses Upgrade sudah selesai atau complete, selanjutnya silakan kamu pilih reboot system now untuk merestart smartphone asus kamu.
8. Untuk booting pertama setelah Upgrade atau flashing Asus ZenFone Go Z00VD (ZC500TG) membutuhkan waktu sedikit lebih lama, tunggu saja sampai booting selesai.

Pada saat melakukan proses Upgrade atau flash Asus ZenFone Go, supaya tidak gagal sebaiknya kamu perhatikan SKU pada Asus ZenFone Go kamu, cari SKU yang sesuai dengan Asus ZenFone Go kamu.

Cara Flash Asus Z00VD Dengan SP Flashtool

Cara flash Asus Zenfone Go ZC500 TG selanjutnya via SP flashtool. Mari ikuti langkah dibawah ini dengan seksama.

Alat dan bahan


Pastikan sebelum menjalankan flash Asus Z00VD dengan SP Flashtool ada cukup daya dalam baterai setidaknya 50% sudah cukup sampai proses pemasangan sistem selesai.

Langkah-langkah Flash Asus Z00VD Via SP Flashtool

1. Matikan perangkat dengan catatan kartu SIM dan memori Micro SD juga kamu lepas. Meski tidak akan menghapus data didalam memori eksternal, sebaiknya lepas saja, buat jaga-jaga.
2. Jalankan SP Flashtool lalu pada menu “ Scater Loading File “ tambahkan file Scater yang ada didalam hasil ekstrakan firmware hasil download tadi bernama "MT6580_Android_Scatter.txt".

Flash Asus Z00VD Via SP Flashtool

3. Tunggu beberapa saat sampe file termuat.
4. Lalu hilangkan Tanda Centang pada kotak box Preloader.


5. Jangan lupa memilih opsi “ Firmware Upgrade “ jika kamu ingin memformat memori internal atau pilihlah opsi “ Download Only” kalau kamu hanya ingin memperbaiki sistem androidnya saja.



6. Setelah itu tekan tombol “ Download “ yang ada dibagian atas program Sp Flashtool.
7. Matikan hape dengan cara melepas baterai terlebih dahulu untuk memastikan perangkat benar-benar mati.
8. Masuk ke menu boot dengan menekan tombol volume atas dan bawah (+ dan -) secara bersamaan lalu tahan kemudian hubungkan komputer dengan ponsel Z00VD menggunakan kabel data. Setelah muncul bar merah pada SP Flashtool lepaskan tombol volume tadi.
9. Biarkan proses pemasangan sistem baru berjalan yang biasanya memakan waktu 4-5 menit sampai muncul logo centang hijau (Download OK). Setelah itu cabut kabel data lalu hidupkan ponsel dengan menekan tombol power.
10. Sampai langkah ini kamu sudah selesai melakukan flashing Asus Z00VD menggunakan SP Flashtool.

Cara flash asus Z00VD via SP Flashtool memiliki kekurangan yaitu firmware yang terbatas. Jadi kebanyakan tutorial di internet selalu memasang safelink yang rumit dilewati hanya untuk download firmwarenya saja.

Maksudnya firmware tidak bisa didapatkan dari situs resmi Asus dan yang upload kadang-kadang simpan filenya di situs yang layanannya ribet seperti nunggu beberapa detik lah baru bisa download.

Yang paling kesel, downloadnya tidak bisa diresume meski pakai IDM, sehingga seringkali pas download lalu ada gangguan internet, proses download putus dan harus ulang lagi dari awal.

Cara Flash Asus Z00VD via ADB Flash Tool

Cara flash asus zenfone go z00vd yang mengalami bootloop lebih mudah menggunakan AD flashtool.

Solusi masalah tersebut ada di tutorial ini dimana Asus Z00VD juga bisa diflash dengan adb flash tool dan berikut langkah-langkahnya.

Alat dan bahan


Langkah-langkah Flash Asus Zenfone Go Z00VD

1. Masuk ke “ Recovery “ dengan cara :  Matikan HH lalu Tekan tombol “ POWER + VOL UP “ lalu pilih Recovery Mode.
2. Jika terlihat robot tumbang dengan tulisan “ No Command “ atau “ Tidak Ada Perintah “  tekan Volume Bawah kemudian tekan Volume Atas lalu tahan kedua tombol Volume tersebut 5 detik.
3. Lepas kan Volume Atas dan Volume Bawah tetap di tekan. Setelah Volume Atas di lepas maka menu Recovery Mode akan muncul. Agar sistem yang terpasang benar-benar bersih, format dengan cara Wipe Data dan Clear Cache Partition (HARUS....!)
4. Kembali ke menu awal lalu pilih “Apply Update From ADB”.
5. Extract ADB Flash Tool yang sudah kamu download. Jika didalamnya ada file Installer, instal saja dan nanti setelah selesai ada folder “ Minimal ADB Fastboot” di Program File.
6. Ganti nama Fimrware Asus Z00VD yang sudah didownload tadi menjadi “Update.Zip” supaya nanti pas ngetik nama filenya di CMD gampang. Setelah itu Copy firmware tadi ke Local Disk C / Program File / Minimal ADB and Fastboot.
7. Buka Program File / Minimal ADB and Fastboot lalu tekan tombol “SHIFT” kemudian klik kanan disembarang tempat lalu pilih opsi “ Open Command Window Here” sehingg muncul CMD.
10. Hubungkan HH ke PC dengan kabel data lalu Ketikkan “ adb devices” di CMD tadi untuk cek apakah perangkat terdeteksi dengan sempurna. Jika muncul pesan “ List of Device Attached “ berarti HH terdeteksi.
11. Ketikkan di CMD “ adb sideload update.zip” dan tunggu sampai proses pemasangan sistem baru selesai.

Penutup

Demikianlah artikel malam ini yang membahas Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG (Z00VD) Dengan Mudah. Semoga tutorial ini bisa membantu kamu mengatasi Asus Zenfone Go Z00VD yang bootloop.

Catatan:
Do with your own risk.
ASUS Flash

Dapatkan Info Menarik!

  • Dapatkan tutorial terbaru tentang Flashing Ponsel
  • Informasi Aplikasi Android terbaru
  • Dapatkan Update Jamu Flash Terbaik!

0 Response to "Cara Flash Asus Zenfone Go ZC500TG (Z00VD) Dengan Mudah"

Post a Comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel