Bermacam-macam Jenis Kabel Jaringan Internet Dan Kelebihannya

Bermacam-macam Jenis Kabel Jaringan Internet Dan Kelebihannya

Bermacam-macam Jenis Kabel Jaringan Internet Dan Kelebihannya




Internet tidak bisa hilang dari kehidupan sehari-hari terutama di saat teknologi digital sudah sangat membantu di setiap waktu. Kini semua teknologi elektronik bisa terhubung ke internet.

Berikut 3 Jenis kabel internet :

1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah macam jenis kabel jaringan klasik, itu artinya saat ini jenis kabel ini sudah hampir tidak digunakan lagi pada jaringan komputer. Kabel coaxial adalah jenis kabel jaringan internet yang terdiri dari kawat tembaga dilapisi dengan isolator, konduktor, pada bagian luar kabel coaxial dilindungi dengan bahan PVC. Dari tampilannya, kabel coaxial ini mirip seperti kabel antena TV.

Dalam penggunaan kabel coaxial pada jaringan komputer, dewasa ini kabel coaxial sudah tergantikan dengan kabel. Sebab kabel coaxial ini biasanya digunakan pada jenis jaringan komputer tipe topologi bus dan topologi ring.

Kelemahan kabel coaxial
Kabel coaxial memiliki jangkauan dan kualitas transmisi data terbatas serta kurang fleksibel.

2. Jenis Kabel Jaringan Internet Twisted Pair

Jenis kabel jaringan komputer ini mempunyai bentuk fisik yang berupa pasangan kabel yang dipasang berilit satu sama lain dan akhirnya membentuk kabel spiral. Jenis kabel jaringan ini termasuk kabel jaringan yang paling banyak digunakan pada jaringan komputer berupa jaringan local atau LAN.


Ada 3 jenis Kabel twisted pair

1. UTP (unshielded twisted pair)
tidak mendukung proteksi dari spiralnya. Sehingga kelemahan kabel UTP ini, yaitu rentan dan sangat sensitive terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel UTP ini banyak digunakan pada jaringan telepon, dan jaringan LAN kecil.

2. FTP (foiled twisted pair)
memiliki lapisan pelindung pada kabelnya yang berupa foil, sehingga membuat kabel FTP ini mempunyai ketahanan terhadap noise dan gangguan magnetic yang lebih baik dibandingkan jenis kabel UTP.

3. STP (shielded twisted pair)
memiliki perlindungan dalam lapisan kabel yang hampir sama dengan jenis kabel FTP. Bedanya kabel ini memiliki bahan lapisan untuk melindungi kabel twisted pairnya. Kabel STP ini memiliki kemampuan dalam menangkal noise dan gangguan magnetic yang lebih baik.
Meski kabel FTP dan STP memiliki keunggulannyang lebih baik dari kabel UTP, namun utuk jaringan komputer justru kabel UTP yang menjadi favoritnya. Hal ini dikarenakan kabel UTP mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan kabel FTP dan STP. Jadi inilah alasannya kabel FTP jadi favorit.

3. Kabel Jaringan Fiber Optik



Jenis kabel jaringan fiber optic adalah jenis kabel yang terdiri dari beberapa kumpulan serat fiber, dengan ukuran kabel lebih kecil dan lebih fleksibel. Awalnya, kabel fiber optik lebih sering digunakan untuk keperluan khusus, misalnya seperti digunakan pada jaringan backbone perusahaan besar. Namun seiring berjalannya waktu kabel jaringan ini semakin populer dan mulai banyak digunakan untuk keperluan secara umum, termasuk digunakan kabel jaringan pada jaringan internet.

Kesimpulan Macam Jenis Kabel Jaringan Pada Jaringan Komputer

Kabel Coaxsial


  • Kabel jaringan yang digunakan digunakan pada jaringan topologi bus dan topologi ring
  • Kabel jaringan yang mempunyai kapasitas transmisi data yang limited
  • Kabel jaringan yang saat ini sudah sangat jarang digunakan dan kurang fleksibel dengan perangkat keras jaringan

Kabel Twisted Pair


  • Kabel jaringan yang memiliki Harga yang relative lebih murah
  • Kabel jaringan yang lebih mudah diperoleh bahkan untuk melakukan Instalasi nya pun tidak repot dan mudah
  • Namun saying jenis kabel UTP, tidak mempunyai pelindung ketahanan kabel sehingga rentan mengalami noise dan gangguan magnetik

Kabel Fiber Optic


  • Kabel jaringan yang dapat mentransmisikan data dengan lebih cepat dan lebih optimal
  • Kabel jaringan yang lebih tahan terhadap gangguan magnetic ataupun gelombang radio
  • Namun Sayang harga jualnya sangat mahal

Seperti yang diketahui bahwa koneksi internet bisa didapatkan dengan dua cara, menggunakan kabel LAN atau yang dikenal sebagai ethernet atau fixed broadband dan cara kedua yaitu dengan WiFi atau nirkabel. Kadang muncul pertanyaan, mana yang lebih baik?

Berikut adalah kelebihan menggunakan kabel daripada wifi dalam menggunakan internet :


1. Kecepatan Internet Kabel Lebih Terjamin

Dikutip dari situs Mashable, tidak peduli seberapa kencang WiFi, selamanya internet kabel akan tetap tersedia. Anda disarankan untuk menggunakan internet kabel ketimbang WiFi apabila tersedia di dekat Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad
WiFi memang terdengar lebih baik dan praktis. Sebagian orang mungkin menilai bahwa WiFi cukup menggantikan internet kabel. Tunggu dulu, kualitas WiFi mungkin tidak akan sebaik internet kabel dalam beberapa kasus.

Misalnya, di dalam ruangan atau bangunan. Kekuatan WiFi biasanya akan menerima gangguan atau interapsi saat banyak benda logam atau dinding yang cukup tebal di sekitarnya.

Efeknya WiFi yang menurut perangkat router dibaca memiliki kecepatan tinggi, akhirnya diterima dengan kecepatan termasuk kekuatan sinyal yang buruk di perangkat pengguna. Tentu saja hal ini juga ditentukan router yang digunakan.

Sinyal yang buruk berakibat latensi yang tinggi, dampaknya biasanya terasa koneksi internet menjadi "putus-nyambung" Semakin kuat sinyal dan kecepatan yang disajikan router umumnya harga perangkat tersebut semakin mahal. Perlu diingat, router juga memiliki batas jangkauan sinyal WiFi.

Sementara internet kabel dipastikan kecepatan yang diterima lebih kencang dengan kualitas latensi rendah. Tidak ada pengalaman koneksi internet "putus-nyambung". Kondisi internet dengan mengandalkan internet kabel atau ethernet ditentukan oleh kondisi dari provider atau penyedia layanan internet.


2. Gamer Dianjurkan Menghindari WiFi

Kondisi di atas juga menjadi salah satu alasan gamer yang menggemari game online untuk lebih memilih menggunakan internet kabel apabila memungkinkan.

Gamer profesional sudah dipastikan sangat mengenali kondisi ini. Latensi tinggi berakibat angka ping yang tinggi akan berakibat game tersendat atau lag bahkan disconnect. Hal ini sangat dihindari oleh mereka yang bermain game FPS atau MOBA atau game online multiplayer.

Tidak bermain game tapi gemar mengakses konten streaming juga sangat dianjurkan mengandalkan koneksi internet kabel. Apabila Anda melakukan streaming konten kualitas resolusi 4K, maka internet harus sangat stabil.

Sejauh ini konten 4K mungkin masih jarang, dipastikan ke depannya semakin banyak. Anda tidak akan mau ada proses buffering di tengah konten yang diakses. Ke depannya, semua konten dipastikan akan bisa disaksikan streaming secara real time.

Apakah Anda gemar mengunduh konten digital? Koneksi internet kabel dipastikan lebih minim gangguan dan latensi rendah ketimbang WiFi. Jadi kapan Anda butuh mengandalkan koneksi internet kabel? Saat Anda melakukan beragam kegiatan seperti yang dicontohkan di atas.


3. Port Internet Kabel Jarang Tersedia di Perangkat


Tren desain perangkat yang semakin tipis membuat fitur port LAN atau ethernet banyak dihilangkan. Jadi terpaksa fitur ini hanya ada di beberapa perangkat tertentu yang memang membutuhkan koneksi internet stabil menggunakan kabel atau Ethernet.

Misalnya, dongle untuk Smart TV seperti Chromecast dan gadget lain yang berukuran kecil atau mungil. Namun kesadaran bahwa koneksi internet kabel atau ethernet yang lebih baik tetap membuat perangkat khususnya segmen gaming menyediakan port LAN atau Ethernet, contohnya laptop gaming.

Apakah fitur port ethernet dan internet kabel akan punah tergantikan WiFi? Jawabannya tampaknya masih butuh waktu lama. Apabila tahun depan 5G sudah mulai bergulir, sangat besar kemungkinan WiFi maupaun mobile broadband berbasis 5G tersedia di seluruh tempat.

Anda akan masih ditawarkan pilihan untuk mengandalkan internet kabel yang kecepatannya semakin bisa diandalkan untuk menikmati konten digital yang juga akan banyak bisa diakses secara streaming.

Info Jaringan

Dapatkan Info Menarik!

  • Dapatkan tutorial terbaru tentang Flashing Ponsel
  • Informasi Aplikasi Android terbaru
  • Dapatkan Update Jamu Flash Terbaik!

0 Response to "Bermacam-macam Jenis Kabel Jaringan Internet Dan Kelebihannya"

Post a Comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel