Home » » Perbaikan Peripheral

Perbaikan Peripheral



         Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC.Terkadang periferal tersebut tidak bekerja sebagaimana fungsinyaatau rusak. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pada periferaltersebut.
        Sebelum melakukan perbaikan, perlu disusun langkah-langkah persiapan perbaikan sebagai berikut :
-Mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk perbaikan,
-Mendiagnosa kerusakan
-kerusakan yang terjadi,-Menemukan bagaimana cara melakukan perbaikan periferal tersebut,
-Melakukan perbaikan periferal

         Sedangkan untuk melakukan perbaikan periferal, dibutuhkan beberapa alat bantu atau tools-kit sebagai berikut :
-Obeng-Tang
-Kuas
-Kain kering atau tisu dan cairan pembersih
-Penyedot debu mini / vacum cleaner



Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan periferal

1. Obeng
       Obeng merupakan alat yang paling penting dalam melakukanperbaikan periferal. Obeng sangat berguna sekali untuk membongkardan memasang periferal untuk selanjutnya dilakukan perbaikan. Obeng ada bermacam-macam bentuknya. Mulai dari obeng (+), obeng (-), serta obeng bintang/kembang. Untuk melakukan perbaikanperiferal perlu dipersiapkan obeng dari berbagai ukuran.








2. Tang
     Untuk melakukan perbaikan periferal, digunakan tang cucut dan tangkombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepalaskrup atau jumper yang kecil.








3. Kuas
    Kuas digunakan untuk membersihkan komponen periferal dari debudan kotoran-kotoran yang menyebabkan kerusakan. Karena masalahkotoran seringkali menjadi penyebab periferal tidak dapat berfungsilagi dengan baik.






4. Penyedot debu mini
    Penyedot debu mini fungsinya hampir sama dengan kuas, yaitu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada periferal. Pada ujungpenyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yangberagam dimaksudkan untuk disesuaikan luas sempitnya sudut-sudutpada periferal. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkankotoran yang terdapat pada keyboard, fentilasi udara pada monitordan pada fan.





5. Kain kering atau tissue dan cairan pembersih
    Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran yangmungkin sangat sulit untuk dibersihkan dengan memakai kuas atauvacum cleaner. Kotoran atau debu yang sangat tebal dapatmenghambat kinerja periferal. Tisu juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada cartridge printer injek, karena sifatnyayang mudah menyerap cairan. Sedangkan cairan pembersih dapatdigunakan untuk membersihkan layar monitor, casing, body monitor,dan body printer.










Sebelum melakukan perbaikan, perlu disusun langkah-langkahpersiapan perbaikan sebagai berikut :

-Mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk perbaikan,
-Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi,
-Menemukan bagaimana cara melakukan perbaikan periferaltersebut,
-Melakukan perbaikan periferal



Untuk melakukan perbaikan periferal, dibutuhkan beberapa alatbantu atau tools-kit sebagai berikut :

-Obeng
-Tang
-Kuas
-Kain kering atau tisu dan cairan pembersih




a. Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu :






1. Keyboard tidak terdeteksi oleh PC
    Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnyakeyboard oleh komputer. Pada saat proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboardpresent”. Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting,komputer tidak mendeteksi adanya keyboard.
Jika terjadi hal sepertitersebut diatas, yang perlu dilakukan adalah :
-Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telahtertancap dengan benar ke CPU.
-Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebutuntuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat.
-Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masihmuncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak.
-Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwakeyboardnya yang rusak.
-Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetapmuncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja portkeyboard di motherbord yang rusak.


2. Masalah kedua terjadi pada tombol keyboard
    Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard adalah tombolkeyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekanterus. Hal itu mungkin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk disela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet.Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard.Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnyadengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapatdibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengancairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harusdilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.





b. Mouse
Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mouse yaitu :



1. Mouse tidak terdeteksi oleh PC
    Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah mouse tidak dikenaloleh komputer. Pada saat proses booting, komputer memunculkanpesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. Pesan kesalahan tersebut adalah sepertigambar 9 berikut ini :



 Analisa pertama sehubungan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse tidak terhubung dengan baik. Untuk melakukan perbaikan prosedur yang dilakukan:

• Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mousetersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.

• Setelah itu hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul, lakukan analisa selanjutnya. Analisa kedua adalah kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui device manager.



Langkah yang dilakukan :
• Klik kanan My Computer pada desktop windows
• Pilih properties>>Hardware>>Device Manager. Maka akanmuncul kotak dialog seperti di bawah ini.



• Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard denganbantuan tombol
Tab.
• Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol
Remove.
• Setelah itu restart ulang komputer.


Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh windows, ada kemungkinan mouse rusak. Atau kemudian coba dengan mouse yang lain, apakah terjadi hal yang sama. Apabila masih tetap seperti itu, berarti port PS/2 nya yang rusak.



2. Pointer mouse yang sering meloncat-loncat
    Masalah lain yang sering muncul adalah pointer mouse yang meloncat-loncat secara acak sehingga pemakai kesulitan untuk menggunakanmouse secara tepat dan presisi.Pada kondisi ini, kemungkinan yang paling besar disebabkan karenakotornya komponen bola mouse. Karena komponen bola tersebutbanyak bersentuhan dengan mouse pad yang tidak selalu bersih.Langkah untuk mengatasinya adalah:

• Buka penutup bola mouse di bagian bawah dengan memutarnya 90 derajat.
• Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat dengan kuas, lalu keringkan.
• Di bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen didalamnya.



c. Fan
     Fan merupakan periferal yang sangat penting bagi komputer. Fansangat berpengaruh pada kinerja komputer karena berhubungandengan sirkulasi udara pada komputer.



Beberapa masalah yang sering terjadi :

1. Fan pendingin mati
    Masalah yang timbul komputer akan cepat panas, sering hang, rebootdengan sendirinya dikarenakan fan pendingan mati. Langkah – langkahperbaikan adalah:

• Memeriksa fan yang terdapat dalam casing komputer apakahkabel power sudah terpasang dengan baik.
• Bersihkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya.
• Lepas penutup poros fan, serta diberi sedikit pelumas supaya gerakan fan tidak ada hambatan.
• Jika sambungan kabel power sudah benar dan fan sudah bersih dari kotoran tetapi masih tetap mati, kemungkinan besar fan rusak.


2. Bunyi fan yang berisik
    Masalah yang lain adalah fan terlalu berisik. Ketika komputer sedangdigunakan, suaranya terdengar sangat berisik sehingga seringmengganggu konsentrasi terhadap pekerjaan. Untuk mengetahui darimana asalnya suara fan tersebut, langkah yang diambil :

• Matikan komputer dan buka casing komputer lalu hidupkankomputer dalam keadaan casing terbuka.
• Cek apakah mungkin ada kabel yang menyangkut pada fan.
• Jika ada kabel yang menyangkut pada fan, rapikanlah agar tidak mengenai fan





d. Monitor
     Monitor merupakan komponen output yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati olehpemakai. Kerusakan yang sering terjadi :


1. Monitor tidak mau menyala.
    Pada saat proses booting komputer, tombol power yang terdapat padamonitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak maumenyala.

Jika masalahnya monitor tidak menyala, maka prosedur yang dilakukanadalah :
• Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON.
• Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik padamonitor maupun yang ke arah outlet listrik. Pastikan bahwapemasangan sudah benar.
• Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain.
• Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orangeatau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkanmonitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik danbenar. Pastikan sudah terpasang dengan benar.
• Apabila dengan pengecekan di atas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter CRT.


2. Monitor menjadi gelap saat loading windows
    Masalah lain yang bisa timbul adalah monitor menjadi gelap saatloading windows. Kemungkinan besar disebabkan karena setup driveruntuk monitor tidak tepat. Yang sering terjadi adalah karena dalamkeadaan ON screen display setting, setting frekuensi terlalu tinggi.Untuk mengatasinya :

• Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan caramenekan F8 saat komputer loading windows.
• Lakukan instalasi ulang driver VGA Card. Setelah itu pilih jenismonitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimalyang akan ditampilkan oleh windows



3. Ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan
    Masalah lain yang bisa terjadi pada monitor adalah ukuran tampilantidak sesuai dengan keinginan. Terdapat font, ikon, menu dan semuatampilan pada monitor yang terlalu besar atau malah terlalu kecil. Haltersebut di atas berhubungan dengan resolusi monitor yang mungkinterlalu tinggi ataupun terlalu rendah sesuai dengan selera pengguna.Untuk mengubahnya, bisa melalui display properties.
Caranya adalah :
• Lakukan klik kanan di sembarang tempat di desktop. Kemudianakan muncul beberapa menu dan pilihlah Properties Maka akanmuncul kotak dialog seperti gambar 16 berikut ini.


• Kemudian pilihlah tab Settings. Ubahlah resolusi sesuai dengankeinginan dengan memperbesar ataupun memperkecil nilai yangada di kotak Screen Area, kemudian klik OK. Dalam mengesetresolusi, yang harus diperhatikan adalah kompatibilitas resolusiyang didukung oleh VGA Card dan monitor yang dimiliki.Pemilihan resolusi yang didukung oleh kartu VGA namun tidak didukung oleh monitor yang dimiliki akan menyebabkan monitortidak menampilkan gambar dengan sempurna.


4. Tampilan pada monitor tampak buram.
     Masalah lain adalah tampilan pada monitor tampak buram dan kontraswarna tidak bisa diatur secara maksimal. Hal itu cukup mengganggu meskipun secara umum komputer bekerja dengan baik dan tidak banyak gangguan.

    Permasalahan ini sering terjadi pada monitor yang berusia lebih daritiga tahun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, karenaberhubungan dengan komponen-komponen elektronika di dalammonitor maka akan lebih baik jika harus berkonsultasi langsungdengan ahlinya. Untuk itu perlu dilakukan analisa sebab musabab daripermasalahan tersebut.

    Monitor dalam pemakaian lama akan mengalami pergeseran warnaalami menjadi kebiru-biruan, kemerahan, kekuning-kuningan, ataukehijau-hijauan. Apabila pada setelan nomer muncul warna-warnatidak alami kemungkinan besar sumber masalahnya adalah pada sirkuitdriver video yang berada di dalam monitor. Sirkuit driver ini memilikitiga jalur warna utama yaitu merah, biru, dan hijau. Untuk mengetesnya lakukan dengan menggunakan osciloscope.

   Gambar dilayar tampak kuyu dengan kontras warna yang tidak bisadiatur secara maksimal. Masalahnya disebabkan oleh fosfor padatabung katoda, yang berfungsi untuk memancarkan pendaran warnahasil tembakan sinar elektron yang berenergi tinggi. Untuk mengatasinya hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggantitabung katoda monitor.

   Apabila warna monitor yang berganti sendiri ketika monitor dinyalakandalam jangka waktu lama, besar kemungkinan diakibatkan pada sirkuitvideo amplifier. Untuk memperbaikinya harus membuka casing-nya,lalu mengencangkan sambungan antara board video amplifier denganboard raster.


5. Monitor seperti berkedip saat digunakan
    Pada saat komputer sedang aktif digunakan, monitor sering berkedip.Kemungkinan yang pertama adalah disebabkan karena frekuensigambar pada layar terlalu rendah.

    Hal tersebut bisa saja terjadi karena ada masalah dengan settingrefresh rate pada komputer. Refresh rate merupakan kemampuanmaksimal yang dilakukan monitor untuk menampilkan frame dalamsatu detik. Pengaturan refresh rate yang tepat akan memberikankenyamanan pada mata yang menggunakannya. Monitor yang memilikirefresh rate kecil akan membuat monitor seperti bergerak dan tidak stabil.

   Untuk mengatur refresh rate, gunakan menu Display Porperties seperti pada gambar di atas. Pada tab Setting, klik button Advanced lalu akan muncul seperti gambar 17 di bawah ini. Dan pilih tab Monitor.
Pada tab tersebut akan ditampilkan pilihan refresh rate yang diinginkan. Cobalah beberapa refresh rate tersebut untuk mendapatkan pilihan yang terbaik bagi monitor.






6. Bercak kebiru-biruan pada sudut monitor.
    Pada salah satu atau beberapa sudut monitor, muncul bercak tidak berwarna atau warna kebiru-biruan yang cukup menganggu penampilan. Masalah ini sering disebabkan karena adanya medan magnet yang dihasilkan dari beberapa piranti elektronik tersebut. Untuk menghilangkan cobalah untuk memakai fitur degaussing yang ada pada menu kontrol monitor. Atau dengan menggunakan magnet yang didekatkan di sudut-sudut monitor supaya warna kembali normal.






e. Printer
     Printer merupakan komponen yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan komputer baik tulisan, gambar maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun lainnya. Ada tiga jenis printer yaitu printer dot matrik, Ink jetdan Laser jet.





Masalah yang sering terjadi pada printer :

1. Printer tidak dapat mencetak
    Pada saat proses percetakan akan dilakukan, printer dalam keadaanON, dan kertas telah terpasang dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak dan proses percetakan dinyatakan gagal. Untuk mengatasinya prosedur yang dilakukan :
• Pengetesan printer dengan menggunakan print test page pada driver printer.Untuk melakukan hal tersebut dapat melalui Start>>Setting>>Printers. Kemudian klik kanan pada printeryang digunakan lalu pilih Properties. Kemudian akan munculgambar 19 di bawah ini :



Dalam tab General, klik tombol Print Test Page.

• Jika setelah tombol ditekan, printer bisa mencetak berarti tidak ada masalah pada printer.
• Jika tidak, berarti ada masalah pada printernya atau pada koneksi port printernya. Cobalah pada komputer lain, jika proses pencetakan berhasil dilakukan berarti kerusakan bukan pada
printernya tetapi pada port printer tersebut.
• Jika proses pencetakan gagal berarti ada masalah pada printernya. Untuk mengatasinya coba cek kembali printer mulai dari cartridge sampai koneksi kabel-kabelnya.
 


2. Masalah yang kedua adalah printer gagal menarik kertas.
    Ketika mencetak menggunakan printer injek, printer tersebut tiba-tibamengalami gangguan yaitu tidak bisa menarik kertas sehingga prosespencetakan gagal.




Permasalahan tersebut sering terjadi pada printer jenis injek.Umumnya dikarenakan roda penggerak yang sudah mulai licin karena waktu pemakaian yang sudah cukup lama. Bila demikian halnya, lakukan pengamplasan sendiri dengan hati-hati pada bagian roda penariknya. Bersihkan juga roda penggerak dari kotoran yang ada. Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena tinta yang hampirhabis. Terkadang bila tempat tinta sudah kosong, maka printer tidak akan dapat mencetak dan jika diberikan perintah pencetakan akanterdengar bunyi beep yang berulang-ulang.



3. Masalah yang ketiga kertas pada printer macet
    Ketika sedang mencetak, kertas tersangkut di dalam printer. Hal itu sering terjadi dan meskipun proses cetak berhasil, tetapi kertas hasil cetakan menjadi kotor.



   Kertas macet pada printer yang biasa disebut dengan paper jam dapat terjadi karena tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper try printer. Atau jenis kertas yang mudah menempel satu dengan lainnya. Dan juga bisa disebabkan karena toller pada printer yang sudah aus.

   Untuk mencegah terjadinya paper jam, dapat dilakukan dengan membatasi tebal tumpukan kertas sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh printer. Sebelum dipasang pada paper try, ada baiknya kertas dikibas-kibaskan terlebih dahulu agar kertas tidak saling menempel. Dan hindarkan dari debu dan sering dibersihkan. Jika paper jam sudah terjadi pada printer, maka yang harus dilakukan adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas, kemudian secara perlahan tarik kertas yang menyangkut pada printer. Selanjutnya kembalikan tuas tersebut ke posisi semula. Untuk menemukan tuas tersebut lihatlah pada buku manual printer.



4. Masalah yang keempat adalah hasil pencetakan tidak bagus.
    Masalah lain yang sering muncul adalah hasil pencetakan yang kurang bagus atau terlihat putus-putus. Ini disebabkan antara lain karena memang mungkin tinta sudah habis, ataupun cartridge-nya memang kotor.




    Untuk memastikannya, lepas cartridge dengan hati-hati untuk mengecek apakah tinta sudah habis atau belum. Setelah itu lakukan pembersihan pada mat head nya dengan menggunakan cairan pembersih tinta. Caranya dengan membasahi tisu pembersih dengan cairan pembersih tersebut, dan letakkan mat head catridge pada tisutersebut. Dalam melakukan hal tersebut, dibutuhkan kehati-hatianyang sangat tinggi, karena jika tidak akan bisa berakibat fatal yaiturusaknya cartridge.








f. Modem
     Modem merupakan salah satu perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telephone agar data berhubungan Internet Service Provider (ISP).

   Modem ada dua macam, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalam bentuk kartu. Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu.










masalah :

1. faktor eksternal
   

     Spaning Listrik atau turun-naiknya tegangan listrik PLN biasanya terjadi pada user yang memiliki listrik berdaya lebih dari 900 KWH. Beberapa modem sangat peka dengan kondisi tegangan turun maupun tegangan berlebih, biasanya modem sering on-off dengan sendirinya menyebabkan koneksi putus-putus. Contoh : Tenda, Shiro DSL805EU, SMC 7801BRA, dll.


    Setingan Modem salah satu faktor external karena masing-masing daerah (Kantor DIVRE Telkom) memiliki vendor DSLAM yang berbeda sehingga ada beberapa parameter yang berbeda satu sama lainnya. Diantaranya VCI, VPI, bahkan type modulasi karena beberapa modem hanya dapat bekerja pada ADSL saja atau tidak dapat beroperasi pada modulasi ADSL2+.


2. faktor internal

    Ethernet Port yang tidak baik, ada beberapa modem yang ethernet port-nya tidak stabil atau sering unplug yang lama-kelamaan menjadi rusak hanya dalam beberapa kali pemakaian. Contoh : Modem Tenda, dll.


    Modem hang, ternyata modem juga bisa hang hal tersebut dikarenakan pemakaian modem secara kontinu 24 jam nonstop. Biasanya koneksi akan melambat dan kemudian lampu ADSL mati secara mendadak. Antisipasinya modem harus dimatikan beberapa saat atau selama 15 menit. Hal ini juga bisa disiasati dengan menyediakan modem cadangan. Contoh : Shiro DSL805EU, Linksys AM300, dll.



g. Scenner
        Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi, scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.








Permasalahan yang sering terjadi pada Scanner :



    Gambar hasil scan pecah-pecah : Mungkin resolusi yang kamu gunakan kurang memadai. Coba untuk men-scan sedikit lebih besar daripada resolusi minimum dan sesuaikan kualitas warnanya (hitam-putih> grayscale, berwarna> 32-bit).





    Gambar hasil scan kotor dan berbercak : Mungkin saja permukaan kaca scanner kotor atau berjamur. Lepas kaca tersebut dari scanner dan bersihkan dengan kain lembut dan cairan pembersih kaca.





    Gambar belang sebelah : Jika gambar hasil scan memiliki belang berwarna kuning, biru, merah, atau lainnya, bisa jadi disebabkan oleh scanner yang terlalu lama dinyalakan. Lebih baik scanner-nya dimatikan dulu selama beberapa saat sampai dingin, lalu gunakan lagi untuk men-scan.





    Gambar terlihat besar di layar monitor : Hal tersebut bukan masalah, sebab ukuran gambar yang ditayangkan oleh layar monitor tergantung dari resolusi tampilannya, sehingga jauh berbeda dengan ukuran gambar sebenarnya dalam bentuk kertas. Gambar asli kamu secara metrik tetap memiliki ukuran yang sama, tidak berubah.



    Warna gambar asli dengan warna gambar di monitor berbeda : Sebenarnya warna yang telah dipindai oleh scanner tidak salah. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan penampilan warna antara monitor dengan gambar asli. Gambar asli menampilkan warna melalui pematulan cahaya dari media kertas sedangkan monitor menampilkan warna dengan menyorotkan cahaya dari tabung fosfornya ke mata kita. Untuk mengatasi masalah ini kita perlu melakukan kalibrasi terhadap layar monitor yang caranya akan kita bahas nanti.Top of Form





    Gambar hasil scan terlihat kabur : Proses scan berjalan dengan lancar dan seolah-olah tidak terjadi masalah pada scanner. Tetapi setelah Anda melihat hasilnya, gambar hasil scan terlihat tidak jelas dan kabur seperti terkena efek blur. Jangan terlalu pusing untuk masalah seperti ini, ada beberapa hal yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan scanner Anda pada posisi normal. Berikut tips yang dapat Anda coba:

    Jika gambar terlihat kabur, Anda dapat men-set resolusi display-nya ke High Color (16-bit), selanjutnya biarkanscanner melakukan pemanasan (warming up) selama beberpa menit.
    Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari Scanner Anda, terutama jika Anda jarang menggunakan Scanner. Karena jika Scanner Anda kotor akan mengakibatkan hasil scanner juga kurang memuaskan, bahkan cenderung mengakibatkan mesin Scanner mudah rusak.
    Anda dapat mempergunakan kain yang lembut untuk membersihkan pada bagian kacanya, pastikan membersihkan dengan hati-hati.





h. Plotter
        Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada. Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.







Jika Anda mengalami masalah dengan plotter, pemecahan masalah adalah metode paling pasti untuk menentukan apa yang menyebabkan itu tidak berfungsi. Plotter adalah printer yang menghasilkan hardcopy. Seperti disebabkan akan hal plotter Anda adalah :

masalah :
      driver rusak atau memang sudah jelas rusak.



penyelesaian :
1. Hidupkan plotter off, dan hidupkan kembali setelah 10 detik. Ini akan menghapus memori.

2. Lihatlah manual plotter atau dokumentasi untuk menentukan cara mengembalikan  pengaturannya ke default. Jalankan uji diri pada plotter, yang bervariasi tergantung pada jenis plotter.

3. Klik "Start", "Control Panel" dan kemudian "Printer."

4. Klik kanan plotter dan pilih "Properties." Pilih "Port" tab.

5. Pilih "COM1" di bawah "Port" dan klik "Terapkan." Klik "OK."

6. Klik "Start", "All Programs", "Aksesoris" dan kemudian "Notepad."

7. Ketik beberapa kata di Notepad, dan berusaha untuk plot. Lanjutkan ke Langkah 8 jika langkah ini tidak efektif.

8. Klik "Start", "Control Panel", "Hardware and Sound" dan kemudian "Device Manager." Klik "Lanjutkan" di jendela User Account Control.

9. Pastikan bahwa Anda terhubung ke Internet. Klik kanan pengandar plotter dengan segitiga kuning di sebelahnya.

10. Pilih "Update Driver Software" dan kemudian "Cari secara otomatis untuk software update driver." Memungkinkan alat ini untuk menemukan dan menginstal perangkat lunak driver yang sesuai.

Jika tidak bisa juga, mungkin itu nasib anda harus membeli plotter yang baru. atau anda bisa juga meminjam kepada teman-teman anda yang memiliki plotter. Jika tidak ada, anda kan bisa mencetak semua itu dengan printer. walaupun tidak sesuai dengan yang anda inginkan.



i. Proyektor
       Berfungsi untuk menampilkan gambar secara besar dilayar, dengan cara menembakan cahaya / memproyeksikan gambar. Dari segi teknologi, proyektor ada dua tipe yaitu proyektor yang menggunakan teknologi 3 LCD (Liquid Chrystal Display ) dimana cahaya lampu dibagi menjadi RGB ( merah,hijau,biru ) dan masing-masing diteruskan melewati Panel LCD yang membentuk gambar, kemudian disatukan dalam sebuah Prisma menuju ke layar. dan satu lagi menggunakan teknologiDLP (Digital Light Processing) Proyektor menggunakan DMD Chip ( Digital Micromirror Devices ) yang membentuk gambar Grayscale. Pewarnaan dilakukan oleh ColorWheel yang berputar sedemikian cepat, sehingga mata kita tidak bisa mengikuti perubahan warna tersebut.






masalah 1 :
    Kerusakan Gambar proyektor Bercak
            Kerusakan proyektor bercak gambar yang dihasilkan tidak bersih, hal seperti ini sering ditemui dibeberapa proyektor. untuk proyektor itu sendiri jika gambarnya bercak maka gambar yang dihasilkan tidaklah sempurna bahakan bisa saja gambar aslinya tidak terlihat sama sekali. bisa kerusakan disebabkan kotor pada bagian tunnelnya selain bagian DMD CHIP untuk projector DLP.

Selain gambar yang ditampilkan tidak jelas, dikarenakan terganggunya pencahaayaan yang disebabkan karena debu atau karena kerusakan fisik dari bagian tunnel.

Contoh gambar proyektor yang tidak jelas atau bercak titik







penyelesaian :

    Buka Casenya Penutupnya
    Lepaskan lampu dan kipas, lepaskan ambungan kabel dari konektor yang menempel di bagian moteherboardnya
    Lepaskan tunnelnya dan coba bersihkan dengan menggunakan kapas kecil, jika disebabkan karena debu bercak akan hilang tapi kalau rusak fisik tunnel harus diganti dengan yang baru, coba lihat dan periksa pada bagian dalam tunnelnya akan terlihat jelas.
    Untuk projector infokus dengan teknolgi DLP biasanya menggunakan DMD Chip, dan bagian inilah yang sering rusak jika gambar yang dihasilkan berbintik atau bercak pada layar.
    DMD Chip, sepintas jika sudah dilepas DMD Chip terlihat seperti prosesor dan dilengkapi dengan soketnya



j. Speaker
      Speaker(pengeras suara) adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.





masalah 1 :
    Tidak ada suara / suara lemah.


solusinya :
   Coba lihat apakah sound mute pada windows di aktifkan. Klik pada ikon speaker pada system tray, kalau mute aktif segera nonaktifkan. Lihat juga speaker komputermu, pada speaker model digital kadang-kadang akan mute otomatis saat speaker ti tutup. Lihat juga volume level, dan naikkan level jika di perlukan.

Note :
- Pada Windows XP, jika tidak ada ikon speaker, cari di "control panel", kemudian double click pada "Sound and Audio Devices", dan lihat apakah mute aktif, jika mute aktif segera nonaktifkan.
- Jika ikon speaker tidak ada dan Sound and Audio Devices "mute box" berwarna kelabu, driver soundcard kamu mungkin tidak berfungsi atau tidak terinstal dengan baik.



masalah 2 :
   Speaker tidak ada power.


penyelesaian :
    Periksa kabel power sampai ke stop kontak listrik, apakah semua sudah benar. Periksa juga saklar speaker apakah sudah di hidupkan.



masalah 3 :
    Speaker tidak mengeluarkan bunyi.


penyelesaian :
       Periksa apakah jack speaker yang di pasang pada PC sudah benar, port speaker pada PC biasanya berwarna hijau terang. Lihat juga apakah jack lain yang terhubung ke subwoofer, speaker yang sebelah, apakah semua terpasang dengan benar.



masalah 4 :
  Pengecekan suara.


penyelesaian :
   Pada PC, pasang headphone pada "port speaker" untuk melihat apakah ia bekerja atau tidak. Jika terdapat suara, maka di pastikan kerusakan pada speaker.


masalah 5 :
   Pengecekan suara pada laptop.


penyelesaian :
    Pasang headphone pada "headphone out jack"Jika terdapat suara, maka kerusakan terjadi pada internal speaker atau sistem pensaklaran pada jack speaker.


masalah 6 :
   Satu atau dua speaker tidak bekerja

penyelesaian :

        Periksa kabel dan memastikan mereka terpasang dengan benar antara line-out konektor di bagian belakang komputer dan speaker. Jika Anda memiliki speaker aktif dan menghubungkan mereka ke "speaker keluar" konektor Anda bisa mendapatkan Berderak.
    Juga, periksa kontrol volume di Windows dan pastikan bahwa itu tidak menetapkan lebih dari setengah jalan




k. Power Supply
       Power supply unit atau disingkat PSU adalah komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, power supply unit biasanya dirancang untuk mengkonversi arus linstrik bolak-balik (AC 220-240V) menjadi arus listrik DC tegangan rendah untuk dapat dikonsumsi oleh komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik memiliki tombol untuk mengubah antara 230 V dan 115 V. Model lainnya memiliki sensor otomatis untuk beralih tegangan input secara otomatis, atau dapat menerima tegangan antara batas-batas tertentu.






Ada beberapa komponen yang sering kali bermasalah pada power supply, diantaranya :

    Kapasitor
    Resistor
    Sekring
    Gate
    Diode



Berikut langkah-langkah mengecek kerusakan komponen yang ada pada power supply  :

    Lepas power supply dari tempatnya, lalu buka tutup power, lihat apa ada kerusakan yang terlihat diantaranya kondensator melembung, resistor terbakar. Kita juga dapat mengeceknya menggunakan ohm meter.
    Coba cek sekring putus atau tidak, cek menggunakan ohm meter dengan skala ukur 1Xohm, jika putus kita dapat menggantinya atau jika belum ada penggantinya, kita dapat memasang sehelai kabel halus dikaki sekring tersebut (cara ini sementara saja).
    Jika sekring masih dalam keadaan baik, dan tidak ada tanda-tanda terbakar, kita dapat pindah mengecek komponen yang lainn. Berikutnya cek 4 dioda menggunakan avo meter, sesuaikan posisi positif dan negatif diode dengan avo meter (garis putih untuk posisi positif dan yang tidak ada garis untuk posisi negatif).
    Berikutnya cek gate power switch yang nilainya 1 Mohm dan dipasang parallel.
    Jika komponen-komponen tersebut dipastikan rusak, kita dapat menggantinya dengan komponen yang baru (dengan catatan nilai komponen sama). Setelah komponen yang rusak diganti, coba shortkan kabel warna hijau dan warna hitam yang dikonensikan dengan motherboard (seperti artikel sebelumya) jika kipas berputar, maka power supply sudah berfungsi kembali dengan baik.
    Jika kipas masih belum bisa berputar, berarti masih ada komponen yang rusak, coba cek kembali IC, Transistor lainnya lebih teliti lagi.





l. Ram
     RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat.
            RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.


 Tipe RAM pada PC bermacam-macam, antara lain :

    DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
    SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
    SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari  pada DRAM.
    RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
    EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus dengan kecepatan sampai 66 MHz.


masalah 1 :
  Memasang RAM pada komputer dengan kapasitas melebihi 64MB, RAM tidak bisa terdeteksi oleh DOS, tetapi bisa terdeteksi oleh Windows

solusinya :
     Kondisi semacam itu wajar dan normal, karena DOS pada waktu dirancang hanya bisa mengenali RAM yang terpasang dengan kapasitas 64 MB, lebih dari 64 MB tidak akan terdeteksi. Berbeda dengan Windows, semua RAM yang terpasang akan terdeteksi dengan baik, selama RAM yang dipasang dalam kondisi bagus dan tidak rusak.

masalah 2 :
       Laporan RAM. Ada kapasitas dari RAM sebesar 128KB atau 384KB yang tidak pernah dilaporkan ketika melakukan proses booting.


solusinya :
       Kondisi ini normal. Beberapa versi dari BIOS tidak akan menampilkan area dari memori yaitu memori konvensional dan memori ekstended.


masalah 3 :
      Sistem komputer menjadi lambat ketika ditambahkan beberapa memori.


solusinya :
     Langkah pertama adalah, pastikan semua memori baru yang dipasang dikenali dengan baik oleh BIOS atau Windows. Apabila motherboard tidak mendukung penambahan memori dan hanya menerima kapasitas paling besar adalah 64 MB, maka percuma saja menambah memori baru. Memori tetap bisa terpasang tetapi efeknya bisa memperlambat kinerja komputer.


masalah 4 :
     Menambah memori tetapi Win XP Prof tidak bisa berjalan dengan lancar. Menambah memori sebesar 256MB dan 128 ke komputer. BIOS bisa mendeteksi RAM yang sudah ditambahkam tersebut tetapi Windows tidak berhasil mendeteksi bahkan tampilan di layar monitor menjadi biru.


solusinya :
   Hal yang harus diperhatikan adalah RAM yang baru apakah cocok dan sesuai dengan motherboard dan jenis RAM yang lain yang sudah terpasang sebelumnya di motherboard. Kalau RAM tersebut tidak cocok, maka akan mempengaruhi kinerja sistem bahkan mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan baik. Sebelum memasang RAM, hal yang sangat penting adalah memperhatikan tipe dan PC dari RAM tersebut.


masalah 5 :
    Identifikasi memori yang rusak. Ketika menghidupkan komputer, terdengar bunyi beep dan komputer tidak mau booting.


solusinya :
    Beep tersebut menandakan adanya perangkat keras yang melekat pada motherboard mengalami kerusakan. Yang paling umum adalah kerusakan terjadi pada memori. Segera ambil memori tersebut dari motherboard kemudian coba bersihkan memori dengan tisu atau atau kain yang bersih. Setelah dibersihkan pasang kembali pada slot nya. Apabila setelah dipasang, masih keluar bunyi beep, memorinya harus diganti dengan yang baru.



masalah 6 :
   tidak bisa booting. Jika kita menyalakan komputer lantas tidak mau masuk Windows yang disertai suara beep panjang 1 kali, maka permasalahan ada di seputar memori. Melalui tips berikut ini kita akan mengetahui kerusakan seputar Memori / RAM. Beep adalah suara yang keluar dari speaker internal (speaker dari dalam casing) ketika komputer dinyalakan


solusinya :
   - Setingan bios harus dalam keadaan default / standar, sebab bisa saja masalah ini muncul karena pengaturan bios yang terlalu membebani hardware. Untuk memastikannya, lakukan clear CMOS dengan cara mencabut baterai dari motherboard (bentuknya bulat tipis, seperti baterai jam), setelah kurang lebih 3 menit pasang kembali baterai tersebut.
- Periksa apakah memori telah dipasang dengan benar. Cabut memori dari soket-nya (tempat dudukan memori pada motherboard) lalu pasang kembali
- Jika tidak berhasil, perhatikan bagian memori yang berwarna keemasan (berada dibagian bawah memori). Bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin menempel. Jika sudah, pasang kembali memori ke motherboard.
- Jika memori masih tidak mau bekerja, pasang memori orang lain di komputer kita, punya teman misalnya. Jika ternyata dapat berjalan normal berarti memori kita sudah rusak, tapi jika tetap tidak berjalan dengan normal berarti permasalahan berada pada soket di motherboard. Bersihkan soket tersebut dengan cotton buds atau penghisap debu untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin menempel. Setelah selesai pasang kembali memori.
- Jika masih tetap tidak berhasil, pasang memori pada soket yang lain, biasanya diletakkan bersebelahan. Jika tetap tidak bekerja juga berarti motherboard yang harus diservis / diganti. Ini disebabkan ada elemen / komponen yang membuat soket tidak dapat lagi digunakan. Hal ini sering terjadi pada motherboard yang sudah berumur.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tree Tech

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Tree Tech - All Rights Reserved
Template Modify by Tree Tech
Proudly powered by Blogger